Friday, January 30, 2009

BUKTI 'AQLI KEWUJUDAN ALLAH S.A.W


“Siang, malam, senja dan pagi bertasbih. Matahari, laut, ombak dan pasir bertasbih. Semua benda yang ada di alam ini bertasbih, menyucikan asma Allah. Semua telah tahu bagaimana cara melakukan solat dan tasbihnya. Dengan sinarnya, matahari bertasbih di peredarannya. Dengan henbusannya, udara bertasbih di alirannya. Dengan gelombangnya, ombak bertasbih di jalannya. Semua telah tahu bagaimana cara menunjukkan tidak ada tuhan selain Allah Yang Maha Kuasa.


Keteraturan alam semesta, langit yang membentang tanpa tiang, pergantian siang dan malam, lautan luas membentang, gunung2 yang menjulang, awan yang membawa air hujan, air yang menumbuhkan tanam-tanaman, proses penciptaan manusia sembilan bulan di dalam rahim, binatang2 yang menjaga ekosistem dan peraturan2 lainnya, itu semua menunjukkan bahawa ada Zat Yang Maha Kuasa dan Maha Sempurna. Zat yang kekuasanNya tidak ada batasnya. Zat yang menciptakan itu semua. Dan Zat itu adalah Tuhan Penguasa alam semesta. Dan jelas Tuhan itu hanya boleh satu adanya. Tidak mungkin dua, tiga dan seterusnya. Tidak mungkin.


Sebab, jika Tuhan itu lebih dari satu pastilah terjadi kerosakan di alam semesta ini. Sebab masing2 akan merasa Ia paling berkuasa. Masing2 akan memaksakan keinginanNya. Mereka akan berselisih faham. Misalnya satu menghendaki matahari terbit dari timur, sementara yang satu menghendaki matahari terbit dari barat. Terjadilah perseteruan. Dan rosaklah alam.


Ternyata matahari terbit dari timur dam tenggelam di barat, dengan sangat teraturnya. Matahari tidak pernah terlambat terbit. Matahari juga tidak pernah bermain2, berlari2 ke sana ke mari di langit seperti anak kecil bermain bola atau bermain sorok2. Ia beredar di jalan yang ditetapkan Tuhan untuknya. Dan selalu tenggelam di ufuk barat tepat pada waktunya. Peraturan ini menunjukkan, Tuhan Yang Menciptakan alam semesta ini adalah satu, iaitu Allah ‘Azza wa Jalla, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Tuhan yang menciptakan alam semesta ini, yang tidak terbatas kekuasaanNya itu memang tidak mungkin berjumlah lebih dari satu. Sebab seandainya Tuhan lebih dari satu, lalu mereka sepakat menciptakan matahari, misalnya. Maka mungkin ada dua kemungkinan di sana.

Pertama, Tuhan yang satu menciptakan, sementara Tuhan yang lain berpangku tangan. Tidak berbuat apa2. Dengan begitu, akan bererti bahawa Tuhan yang tidak berbuat apa2 itu tidaklah Tuhan yang berkuasa. Sia2 saja Ia jadi Tuhan. Sebab, pada saat matahari diciptakan, Ia tidak bekerjasama untuk menciptakannya. Ia menganggur. Sama seperti makhluk yang menganggur. Jadi Ia bukan Tuhan dan tidak boleh disebut Tuhan.


Atau kemungkinan kedua, Tuhan2 itu bekerjasama menciptakan matahari. Matahari dicirtakan dengan saling bekerjasama. Jika demikian, telah jelas mereka bukanlah Tuhan Yang Maha Kuasa. Sebab mereka lemah. Bagaimana tidak, untuk menciptakan matahari sahaja mereka harus bekerjasama. Tidak boleh menciptakan sendiri. KekuasaanNya tidak mutlak. Yng terbatas kuasanya bererti lemah dan tidak layak disebut sebagai Tuhan.


Jika Tuhan itu lebih dati satu, kemungknan terjadi penbahagian tugas. Ada yang bertugas mencipta matahari, ada yang bertugas mencipta bumi, ada yang bertugas mencipta langit dan seterusnya. Jika demikian, mereka bukan Tuhan Yang Maha Kuasa. Sebab pembahagian tugas menunjukkan kelemahan, menunjukkan ketidakmahakuasaan. Tuhan yang sebenarnya adalah Tuhan yang menciptakan dan menguasai seru sekalian alam. Tuhan yang menciptakan alam semesta ini dengan kekuasaanNya yang sempurna. Tuhan yang ilmuNya meliputi segala sesuatu. Dan yang memiliki sifat yang Maha Sempurna seperti itu hanya satu, iaitu Allah. Dialah Tuhan yang sebenarnya. Sebab tidak ada yang mengisytiharkan diri sebagai pencipta alam semesta ini kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala.


Seandainya pada keduanya (di langit dan bumi) ada Tuhan2 selain Allah, tentu keduanya telah binasa. Maha Suci Allah yang memiliki arasy dari apa yang mereka sifatkan…” (Al-Anbiya’ : 22)


(Sedutan drpd novel ‘Ketika Cinta Bertasbih’ karya Habiburrahmaan El-Shirazy : m/s 9-11)

1 comment:

Anonymous said...

artikel yang bagus tp,betulkan tajuk:Allah s.w.t (subhanallahutaala)bukan s.a.w -_-'